Pentingnya Media Pembelajaran


Em… pernahkah kalian mendengar sebuah kata cukup unik yaitu “media”. Sebagian dari Anda tentunya pernah mendengar kata tersebut. Sebenarnya media itu apa sih? Lalu, kenapa pula dalam dunia pendidikan memerlukan adanya media pendidikan? Seberapa pentingkah keberadaan media pembelajaran tersebut? Mau tahu penjelasan lebih lanjut, yuk baca selengkapnya ya…
            Media sebenarnya dapat diartikan sebagai sebuah wadah atau sarana atau perantara. Dalam dunia pendidikan, kita sering mendengar bahkan mengenal media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan materi. Nah, pertanyaan yang muncul dalam benak ini :”mengapa pula harus menggunakan media pembelajaran?” Karena pada dasarnya, media pembelajaran digunakan agar materi pelajaran yang disampaikan mudah untuk dimengerti oleh siswa atau peserta didik. Sebelum adanya media pembelajaran, siswa pada umumnya mengalami kesulitan untuk memahami konsep akademik sebagaimana mereka biasa diajarkan yaitu dengan menggunakan sesuatu yang abstrak dengan metode ceramah.
            Keberadaan media pembelajaran ini sangatlah penting dalam menunjang proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena media pembelajaran dapat berfungsi untuk menyederhanakan pesan, mengurangi verbalistik, menyamakan persepsi, menarik perhatian, dan menghemat waktu. Dengan adanya media pembelajaran, diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan pesan yang akan disampaikan dapat tersampaikan secara lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa atau peserta didik.
            Pada hakekatnya, media pembelajaran yang ada itu bermacam – macam. Pada setiap jenis dari media pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Untuk itu, guru sebagai tenaga pengajar perlu memahami setiap klasifikasi dari media pembelajaran. Hal ini terjadi karena mustahil guru sebagai tenaga pengajar akan menggunakan semua media pembelajaran yang ada bahkan menggunakannya dalam waktu yang bersamaan. Apabila hal ini terjadi, maka proses pembelajaran akan menjadi kacau dan keberadaan media tersebut tidak dapat menunjang proses pembelajaran secara lebih maksimal.
            Adapun pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan ( tujuan, sasaran, sarana, biaya, dan waktu pembuatannya). Hal ini dilakukan agar penggunaan media tersebut tepat dengan tujuan yang ingin dicapai dan sesuai pula dengan sasaran yang akan dituju. Sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Serta nantinya diharapkkan tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.
            Semoga bermanfaat…


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education