bimbingan dan konseling


Tugas Individu

1.        Mendiskripsikan pengertian bimbingan dan konseling
a.       Pengertian Bimbingan
           Pada hakekatnya, bimbingan merupakan suatu proses pemberian bantuan yang diberikan oleh seorang yang ahli kepada orang lain, baik itu individu maupun kelompok yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk menjadi pribadi yang mandiri dan dilaksanakan sesuai dengan norma – norma yang berlaku. Adapun untuk mencapai tujuan dari bimbingan dapat menggunakan teknik dan media pendekatan pribadi yang bertitik tolak pada pandangan siswa sebagai individu yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda antara individu satu dengan yang lainnya.

b.      Pengertian Konseling
           Pada hakekatnya, konseling merupakan suatu proses pemberian bantuan yang diberikan oleh konselor kepada individu yang mengalami masalah (klien) yang dilakukan melalui wawancara atau komunikasi langsung dalam jangka waktu yang relatif lama dengan tujuan yaitu adanya perubahan tingkah laku pada klien untuk mencapai suatu pemecahan masalah. Dengan kata lain, konseling merupakan salah satu teknik pelayanan dari bimbingan secara keseluruhan, yaitu dengan memberikan bantuan secara individual.

c.       Pengertian bimbingan dan konseling
           Bimbingan dan konseling adalah salah satu bagian dari kegiatan penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu untuk membantu mengembangkan kemampuan, minat, bakat, dan potensi masing – masing dari peserta didik secara optimal dengan bekerja sama pada bidang administrasi dan bidang kurikulum.

2.        Mendiskripsikan persamaan dan perbedaan bimbingan dan konseling
a.       Persamaan bimbingan dan konseling
           Pada dasarnya, bimbingan dan konseling memiliki beberapa persamaan, yaitu :
Ø Tujuan dari bimbingan dan konseling adalah untuk menjadikan individu memiliki kemandirian atau menjadi pribadi yang mandiri.
Ø Dapat diterapkan dalam program persekolahan sehingga dengan adanya bimbingan dan konseling membantu sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
Ø Dilaksanakan sesuai dengan norma – norma yang berlaku.

b.      Perbedaan bimbingan dan konseling
           Adapun beberapa perbedaan yang mendasar dari bimbingan dan konseling, yaitu :
Ø Dilihat dari segi isi, bimbingan lebih bertautan dengan usaha pemberian informasi dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa, serta lebih ditekankan pada fungsi pencegahan. Sedangkan konseling dilakukan dengan memberikan bantuan melalui pertemuan tatap muka atau komunikasi langsung antara konselor dan klien.
Ø Dilihat dari segi tenaga, bimbingan dapat diberikan oleh siapa saja. Misalnya : orang tua, wali kelas, guru, kepala sekolah, orang dewasa lainnya kepada individu atau kelompok yang memerlukan bimbingan. Sedangkan konseling diberikan oleh seorang yang ahli, yaitu seseorang yang telah telah terdidik dan terlatih dalam memberikan bantuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh klien.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education