manajemen komponen pendidikan


A.       Pengertian Manajemen Pendidikan
Sebagaimana kita ketahui bahwa kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Sedangkan manajemen pendidikan dalam arti luas adalah suatu ilmu yang mempelajari penataan sumber daya yaitu Sumber Daya Manusia ( SDM ), kurikulum, atau sumber belajar dan fasilitas untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal dan menciptakan suasana yang baik bagi manusia, yang turut serta dalam pencapaian pendidikan yang telah disepakati. Dengan lebih memperhatikan manajemen pendidikan, maka diharapkan tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

B.        Komponen – Komponen dalam Pendidikan
Dalam manajemen pendidikan terdapat beberapa komponen. Adapun yang termasuk dalam komponen pendidikan, antara lain:
1.      Siswa
2.      Kurikulum
3.      Tenaga Kependidikan
4.       Sarana - Prasarana
5.      Keuangan/Dana
6.      Lingkungan (Hubungan Sekolah dengan Masyarakat)
7.      Layanan Khusus
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan diperlukan adanya manajemen dalam pendidikan. Salah satu manajemen yang diperlukan adalah manajemen komponen-komponen belajar.



Dalam hal ini, bila dalam suatu kelas terdapat perubahan pada input siswa, yakni tidak hanya menampung anak normal tetapi juga anak luar biasa, maka menuntut penyesuaian (modifikasi) pengelolaan kesiswaan, kurikulum (program pengajaran), tenaga kependidikan, sarana-prasarana, dana, lingkungan, serta kegiatan belajar-mengajar.
            Berikut merupakan penjelasan komponen dalam pendidikan, sebagai berikut :
1.      Manajemen Kesiswaan
Manajemen Kesiswaan bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatan kesiswaan agar kegiatan belajar - mengajar di sekolah dapat berjalan lancar, tertib, dan teratur, serta mencapai tujuan yang diinginkan.
Manajemen Kesiswaan meliputi, antara lain:
a.       Penerimaan Siswa Baru;


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education