Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)

Strategi pembelajaran kooperatif merupakan rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompom-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
            Ada empat unsur penting dalam pembelajaran kooperatif, yaitu sebagai berikut:
1. Adanya peserta dalam kelompok;
    Peserta di sini dimaksudkan yaitu siswa yang melakukan proses pembelajaran dalam setiap kelmpok belajar.
2. Adanya aturan kelompok;
    Aturan kelompok merupakan segala sesuatu yang menjadi kesepakatan semua pihak yang terlibat, baik siswa sebagai peserta didik maupun siswa sebagai anggota kelompok belajar.
3.  Adanya upaya belajar setiap anggota kelompok;
    Upaya belajar merupakan segala aktivitas siswa untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimilikinya   maupun meningkatkan kemampuan baru, naik kemampuan aspek pengetahuan maupun keterampilan.
4.      4. Adanya tujuan yang harus dicapai.
     Tujuan yang dimaksudkan untuk memberikan arah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Adapun karakteristik SPK, yaitu sebagai berikut :
1.        Pembelajaran secara tim;
2.        Didasarkan pada managemen kooperatif;
3.        Kemauan untuk bekerja sama;
4.        Keterampilan bekerja sama.


Dalam strategi pembelajaran kooperatif diperlukan adanya prinsip-prinsip, yaitu sebagai berikut:
1.      Saling ketergantungan yang positif;
2.      Tanggung jawab perseorangan;
3.      Interakltif tatap muka;
4.      Partisipasi dan komunikasi.

Berikut ini merupakan prosedur yang diterapkan dalam strategi pembelajaran kooperatif, antara lain :
1.      Penjelasan materi
Tahap ini merupakan proses penyampaian pokok-pokok materi pelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok yang tujuannya memberikan pemahaman siswa terhadap pokok materi pelajaran.
2.      Belajar dengan kelompok
Pengelompokkan dalam SPK bersifat heterogen artinya kelompom dibentuk berdasarkan perbedaan-perbedaan setiap anggitanya, baik perbedaan gender, latar belakang agama, sosial, etnik, perbedaan kemampuan akademis.
3.      Penilaian: kelompok/individu
Penilaian dalam SPK bisa dilakukan dengan tes atau kuis. Penilaian ini dilakukan dengan individu atau kelompok.
4.      Pengakuan tim
Pengakuan tim (team recognition) adalah penetapan tim yang dianggap paling menonjol atau tim yang paling berprestasi untuk kemudian diberikan penghargaan atau hadiah.
Setiap strategi pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing – masing. Adapun kelebihan dari strategi pembelajaran kooperatif, antara lain :
a.       Tidak menggantungkan guru
b.      Dapat mengembangkan dalam mengungkap ide-ide
c.       Dapat memberdayakan anak untuk lebih bertanggung jawab
d.      Dapat memecahkan masalah tanpa takut salah
e.       Dapat meningkatkan motivasi untuk berpikir.
Sedangkan kelemahan dari strategi pembelajaran kooperatif, antara lain :
a.       Susah dicapai jika peer teaching kurang efektif,
b.      Penilaian atas dasar kelompok, meski yang diharapkan adalah prestasi masing-masing anak,
c.       Usaha mengembangkan kesadaran berkelompok itu tidak mudah, perlu waktu.

........Semoga bermanfaat......

Sumber referensi :
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Beroriuentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.           
Suripto. 2011. Desain dan Strategi Pembelajaran. Semarang: Teknologi Pendidikan.

By Rita Kurniawati


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education