PENERAPAN SISTEM BELAJAR MANDIRI DI UNIVERSITAS TERBUKA


A.     Definisi Universitas Terbuka
Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu perwujudan dari pendidikan nonkonvensional agar tercipta pemerataan pendidikan dalam arti sosial, politik, ekonomi, dan geografis yang mampu menyentuh kelompok marjinal secara nyata
Adapun tujuan didirikannya Universitas Terbuka ini, yaitu :
1.      Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, dimanapun tempat tinggalnya untuk memperoleh pendidikan tinggi,
2.      Memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasaan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka,
3.      Mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.
4.      Menampung lulusan SMA yang tidak tertampung di perguruan tinggi tatap muka.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Model Pengembangan KTSP

A.Definisi KTSP
KTSP merupakan singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Dimana dari tim pusat hanya memberikan rancangan dari kurikulum, sedangkan untuk pengembangannya diberikan kebebasan pada sekolah masing-masing sesuai dengan potensi, karakteristik sekolah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik sekolah atau komite sekolah, Madrasah atau komite madrasah. Adapun dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabus berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab di bidang pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK, serta Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI,MTs, MA, MAK.
KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum yang telah ada agar lebih familier dengan guru, karena mereka banyak dilibatkan untuk memiliki tanggung jawab yang memadai. Dimana penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan ini dimaksudkan agar Sistem Pendidikan Nasional selalu relevan dan kompetitif sehingga sejalan dengan Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 35 dan 36 yang menekankan perlunya peningkatan Standar Nasional Pendidikan sebagai acuan kurikulum secara berencana dan berkala dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Adapun landasan yang mendasari adanya KTSP ini yaitu UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas, PP No. 19/2005 tentang SPN, Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi, Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi. Sedangkan implementasinya berdasarkan pada Peraturan Mendiknas RI No. 24/2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri No. 22 tentang SI dan No. 23 tentang SKL.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)

Strategi pembelajaran kooperatif merupakan rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompom-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
            Ada empat unsur penting dalam pembelajaran kooperatif, yaitu sebagai berikut:
1. Adanya peserta dalam kelompok;
    Peserta di sini dimaksudkan yaitu siswa yang melakukan proses pembelajaran dalam setiap kelmpok belajar.
2. Adanya aturan kelompok;
    Aturan kelompok merupakan segala sesuatu yang menjadi kesepakatan semua pihak yang terlibat, baik siswa sebagai peserta didik maupun siswa sebagai anggota kelompok belajar.
3.  Adanya upaya belajar setiap anggota kelompok;
    Upaya belajar merupakan segala aktivitas siswa untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimilikinya   maupun meningkatkan kemampuan baru, naik kemampuan aspek pengetahuan maupun keterampilan.
4.      4. Adanya tujuan yang harus dicapai.
     Tujuan yang dimaksudkan untuk memberikan arah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Adapun karakteristik SPK, yaitu sebagai berikut :
1.        Pembelajaran secara tim;
2.        Didasarkan pada managemen kooperatif;
3.        Kemauan untuk bekerja sama;
4.        Keterampilan bekerja sama.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Sharing Education