MELEK TEKNOLOGI, MELEK KONSERVASI

Seiring bergulirnya waktu, era globalisasi dunia semakin berkembang. Perkembangan tersebut kini semakin pesat. Bahkan tak jarang perkembangan tersebut telah mengubah wajah – wajah dunia yang dahulu masih bersifat tradisional kini menjadi lebih maju dan lebih modern. Sebagai contoh, adanya perkembangan zaman pada era globalisasi ini telah meningkatkan sumber daya manusia dan adanya berbagai penemuan teknologi baru.

Dewasa ini, telah diciptakan berbagai penemuan baru tentang teknologi seiring dengan adanya peningkatan sumber daya manusia yang ada. Penemuan teknologi tersebut telah memberikan pula berbagai keuntungan pada kehidupan. Sebagai contoh, dengan teknologi kita dapat memperoleh informasi secara cepat melalui media internet, dapat pula berkomunikasi langsung dengan mudah meskipun pada jarak yang berjauhan. Namun, di sisi lain perkembangan teknologi juga memberikan dampak – dampak dan perubahan pola perilaku serta pola hidup pada manusia. Hal ini dapat tercermin dengan melihat pola dan sikap manusia pada zaman sekarang yang jauh berbeda dengan dahulu.
Adanya perubahan dan pola pemikiran serta pola perilaku yang kurang baik akan memberikan dampak kurang baik pula pada lingkungan sekitar. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya kita Melek Teknologi, Melek Konservasi yang mengandung arti bahwa mengenal dunia teknologi yang kita miliki, namun tetap memperhatikan lingkungan sekitar dengan upaya meningkatkan dan menjaga kelestarian sumber daya alam hayati yang ada agar tercipta kesinambungan ekosistem dan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta mutu kehidupan manusia.
Seperti kita ketahui bahwa teknologi yang berkembang saat ini begitu pesat. Namun, tak jarang diantara kita belum mengerti dan belum bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup manusia. Oleh karena itu, marilah kita mulai menyadari akan adanya peran teknologi yang ada untuk mendukung dan meningkatkan sumber daya alam hayati yang kita miliki. Sebagai contoh kita dapat memanfaatkan teknologi yang kita miliki sekarang ini. Misalnya dengan memanfaatkan media internet untuk mencari informasi dan berkomunikasi dalam kehidupan. Namun, hal ini masih terdapat berbagai kendala, misalnya dengan kurangnya kesadaran masyarakat yang mungkin menganggap hal ini masih kurang diminati.
Selain itu, hal lain yang dapat kita lakukan adalah dengan menyadari dan memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar kita. Misalnya dengan mengurangi penggunaan kertas dalam kehidupan karena apabila penggunaan kertas dilakukan secara berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap lingkungan. Sebagaimana kita ketahui bahwa kertas berasal dari bahan baku pohon, apabila penggunaan kertas dilakukan secara berlebihan, maka secara otomatis akan banyak terjadi penebangan hutan yang berlebihan pula. Jika hal tersebut berlangsung terus - menerus dan tidak diimbangi dengan adanya reboisasi, maka dapat memberikan dampak buruk terhadap kehidupan. Tidak hanya akan memberikan dampak kepada manusia berupa banjir, tanah longsor, perubahan iklim yang kurang menentu, dan sebagainya. Namun, di sisi lain juga akan memberikan dampak pada flora dan fauna yang ada. Hal itu dapat mengakibatkan flora dan fauna akan semakin terancam keberadaannya, bahkan mungkin akan menjadi punah.
Kurangnya kesadaran masyarakat yang demikian akan menimbulkan berbagai persoalan dan terjadi kesenjangan sosial dan kurangnya kesinambungan dengan ekosistem yang ada. Oleh karena itu, hendaknya marilah kita mulai menyadari bahwa betapa pentingnya lingkungan yang ada di sekitar kita. Kelestarian dan ekosistem yang ada perlu dijaga dan dirawat untuk kesejahteraan meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
Kadang kita berpikir bahwa menggunakan kertas tersebut sudah menjadi hal yang biasa saja, namun ternyata hal itu sangat mempengaruhi kehidupan masa mendatang. Apabila penggunaan tersebut semakin meningkat akan mengancam kehidupan ekosistem yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya pemanfaatan teknologi baru untuk mengurangi dampak yang akan terjadi. Misalnya dengan penerapan sistem on line dalam penggumpulan tugas bagi mahasiswa akan dirasa lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan penggumpulan tugas dengan menggunakan kertas. Selain kita juga dapat memanfaatkan teknologi yang telah ada, kita juga dapat melakukan sedikit demi sedikit konservasi untuk perubahan yang lebih baik. Dapat dikatakan sebagai “Melek Teknologi, Melek Konservasi”. Di sini kita tidak hanya belajar tentang teknologi, namun kita juga dapat melakukan perubahan sedikit demi sedikit dengan konservasi.
Namun, semua itu tidak dapat terwujud apabila semua pihak belum menyadari dan kurang meminati hal tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dan kesadaran dari semua pihak. Marilah kita memulai dari diri kita sendiri untuk melangkah ke depan yang lebih baik. Nantinya dengan perubahan – perubahan positif tersebut dapat meningkatkan mutu kesejahteraan semua masyarakat dan dapat menjaga kesinambungan ekosistem yang ada, sehingga tercipta peningkatan kualitas hidup yang lebih baik.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

  1. My Self Says:

    selamat ngeblog ya. semoga dapat eksis trus. hehe

    Posted on 7 September 2010 pukul 01.06  

Posting Komentar

Sharing Education