TECHNOLOGY OF CONSERVATION GOES TO CAMPUS

Kampus sebagai lembaga pendidikan tak luput dari pengaruh perkembangan teknologi, karena dunia pendidikan merupakan salah satu komponen pendorong kemajuan suatu bangsa. Pendidikan merupakan bagian utama yang tidak bisa dipandang sebelah mata sebab semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat suatu bangsa, maka semakin tinggi pula tingkat kemajuan bangsa tersebut.

Di Negara - negara maju rata-rata penduduknya dapat menempuh jenjang pendidikan tinggi lebih banyak jika dibandingkan dengan Negara - negara yang sedang berkembang. Indonesia sebagai salah satu Negara berkembang dimana tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang dapat menempuh pendidikan tinggi masih sangat rendah, hal ini terjadi karena dampak dari tingkat kesejahteraan masyarakat juga masih sangat rendah.
Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengejar ketinggalan dengan negara -negara lain khususnya dalam bidang pendidikan ini dengan melakukan diantaranya menyempurnakan kurikulum yang ada, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran baik di lingkungan sekolah maupun kampus, guna memperlancar tujuan pembelajaran. Di samping itu juga dengan mengenalkan atau lebih menekankan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
Penerapan penggunaan teknologi di lingkungan kampus ini diterapkan guna mempermudah jalannya proses pembelajaran dimana dosen sebagai transformasi ilmu yang berperan untuk mentransformasikan ilmu tersebut kepada para mahasiswa akan lebih mudah dalam mentranformasikan ilmu tersebut menjadi lebih mudah dengan dilengkapi oleh adanya sarana yang dibutuhkan serta adanya teknologi yang mendukung jalannya proses tersebut.
Dari fenomena yang ada saat ini ini banyak sekali kampus - kampus di Negara Indonesia yang sudah menggunakan layanan IT sehingga dengan layananan IT tersebut maka para mahasiswa menjadi lebih mudah dalam mengikuti perkuliahan selama proses pembelajaran berlangsung.
Adanya gagasan terhadap “TECHNOLOGY OF CONSERVATION GOES TO CAMPUS” ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak sehingga keberadaaan teknologi ini pada akhirnya bisa memberikan nilai posistif baik kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademik yang ada di dalamnya. Tujuan adanya gerakan ini adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan sumber daya alam baik sumber daya alam hayati maupun non hayati sehingga dengan tetap terjaganya sumber daya tersebut maka ekosistem yang ada masih tetap terjaga kelestariaannya dari kepunahan.
Upaya pelestarian konservasi terhadap penggunaan teknologi ini hendaknya perlu dilestarikan dan tetap diperhatikan oleh seluruh kalangan di lingkungan kampus maupun civitas akademik. Salah satu penggunaan teknologi di lingkungan kampus adalah dengan cara dosen memberikan tugas dan mahasiswa tersebut wajib menggumpulkan tugas dalam bentuk soft copy bukan hard copy (print out kertas). Dengan penerapan metode ini maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya adalah menghemat biaya, meminimal jumlah penggunaan kertas, efisiensi waktu.
Dengan meminimal penggunaan kertas ini maka akan dapat mengurangi jumlah penebangan pohon, karena pohon merupakan bahan baku dasar pembuat kertas. Dengan menggurangi jumlah pohon yang ditebang ini maka akan dapat terjaga kelestarian lingkungan, di sisi lain lingkungan merupakan faktor penunjang berlangsungnya proses pembelajaran. Di samping itu juga dapat mehambat serta memeinimal timbulnya global warming yang akhir-akhir ini terjadi akibat ulah manusia yang tidk bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan yang mereka lakukan.
Adanya teknologi ini juga meberikan berbagai keuntungan yang bisa kita rasakan bersama diantaranya proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih mudah serta bisa mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan, dapat menghasilkan output lulusan mahasiswa yang berkulaitas yang siap untuk bekerja. Dengan teknologi ini maka berbagai kemudahan bisa didapatkan untuk memenuhi kebutuhan yang ada.
Mari kita sukseskan gerakan TECHNOLOGY OF CONSERVATION GOES TO CAMPUS demi kemajuan bangsa dan Negara tercinta ini.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education