Satu Pohon, Sejuta Manfaat


Sebagaimana kita ketahui perkembangan zaman telah memunculkan adanya penemuan – penemuan baru yang dapat menunjang kehidupan manusia. Dengan adanya penemuan – penemuan baru tersebut memberikan layanan dan kemudahan untuk melakukan aktivitas. Selain itu, penemuan – penemuan dan teknologi baru tersebut diciptakan untuk menghadapi tantangan global yang semakin maju. Tentunya setiap negara tak ingin negaranya ketinggalan zaman dengan negara lain. Oleh karena itu, setiap negara selalu berupaya untuk mengubah pola pikirnya untuk berupaya meningkatkan kualitas hidupnya dan menciptakan hal – hal baru yang mempermudah dan memberikan manfaat untuk kehidupan.
Kadang kita berpikir, adanya berbagai teknologi baru telah memberikan kepuasan tersendiri untuk kehidupan. Dengan teknologi baru tersebut dapat menyesuaikan dan menghadapi tantangan global yang semakin maju. Namun, di sisi lain apakah kita pernah berpikir bahwa teknologi baru tersebut juga memberikan dampak – dampak dalam kehidupan dan alam sekitar. Tak jarang di antara kita terlena dan hanya memanfaatkan teknologi baru yang ada tanpa memikirkan dampak – dampak yang akan ditimbulkan hari kemudian.
Dalam kenyataannya, teknologi memang telah memberikan berbagai kemudahan. Akan tetapi, ada pula teknologi yang memberikan dampak – dampak yang kurang menguntungkan untuk kehidupan. Sebagai contoh, tak jarang di antara kita mengendarai sepeda motor bahkan mobil untuk bepergian atau menuju ke suatu tempat tertentu. Dengan adanya mobil dan sepeda motor telah memberikan kepuasan dan kemudahan tersendiri. Namun, pernahkah kita berpikir dampak – dampak yang akan ditimbulkan jauh – jauh hari ke depan.
Tentunya kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya mulai berpikir kritis terhadap hal tersebut. Jika diamati adanya pemakaian mobil dan sepeda motor memang memberikan kemudahan dan efisiensi waktu yang cukup apabila dibandingkan dengan bersepeda ataupun berjalan kaki untuk menuju ke suatu tempat tertentu. Akan tetapi, jika hal itu dilakukan terus – menerus akan memberikan dampak – dampak yang kurang baik. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mengurangi dampak tersebut.
Sebagaimana kita ketahui sepeda motor ataupun mobil mengeluarkan zat sisa pembakaran yaitu berupa gas karbonmonoksida yang berbahaya bagi kehidupan. Jika pemakaian kendaraan tersebut semakin meningkat, tentunya gas karbonmonoksida yang dihasilkan juga akan semakin meningkat. Sehingga dampak dari global warming akan semakin terasa. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya – upaya untuk mengurangi dampak tersebut. Sebagai contoh setiap orang berupaya menanam pohon walau satu pohon saja dapat memberikan sejuta manfaat untuk kehidupan. Di antara kita mungkin menganggap hal itu sepele, namun sebenarnya hal itu sangat berharga dan menguntungkan.
Dalam kenyataanya, kesadaran untuk menanam pohon walaupun hanya satu pohon saja masih dirasa kurang. Hal itu terbukti dengan banyaknya pemakaian berbagai kendaraan dan semakin menipisnya paru – paru dunia dan semakin semaraknya penebangan hutan tanpa adanya reboisasi. Apabila hal ini terus berkelanjutan, tentunya dampak dari global warming akan semakin terasa. Hendaknya kita mulai menyadari akan pentingnya peran manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan melakukan penanaman satu pohon saja pada setiap orang setidaknya dapat mengurangi dan menyerap kembali gas karbonmonoksida yang dihasilkan oleh kendaraan untuk menjadi oksigen. Apabila penanaman pohon tersebut berkelanjutan, tentunya kita akan memiliki paru – paru dunia yang mendukung. Oleh karena itu, dampak dari global warming akan berkurang. Selain itu, kelangsungan ekosistem akan lestari dan terjaga serta keberadaan flora dan fauna yang ada akan terjaga dan tidak terancam kepunahannya.
Lestari alamku, lestari negeriku… Bukankah itu yang kita inginkan? Oleh karena itu, marilah kita mulai berpikir positif dan sadar akan keberadaan alam sekitar kita. “Satu Pohon, Sejuta Manfaat” akan memberikan nilai positif terhadap kemajuan negeri tercinta ini.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education