Efisiensi dan Efektivitas

1.      Makna Efisiensi
Efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Efisiensi menganggap bahwa tujuan - tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara - cara yang paling baik untuk mencapai tujuan - tujuan tersebut. Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan penilaian - penilaian relatif, membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima.

2.      Makna Efektivitas
Definisi dari kata efektif yaitu suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan - tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Sedangkan efektivitas diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan - tujuan yang telah ditentukan. Dengan kata lain, efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target ( kuantitas, kualitas, dan waktu ) yang telah dicapai oleh manajemen, yang mana target tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu.


3.      Makna Manajemen secara Umum
Manajemen secara umum adalah suatu metode / teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara sistematik dan efektif, melalui tindakan - tindakan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengawasan (Controlling) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efisien.

4.      Makna Manajemen Pendidikan secara Umum
Manajemen pendidikan secara umum adalah proses keseluruhan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan, pembiayaan, dan pengevaluasian, dengan menggunakan atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia, baik personel, materiil, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dikatakan sebagai manajemen pendidikan karena manajemen tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan. Demikian pula, apabila sebuah manajemen diterapkan dalam bidang perindustrian, maka akan dinamakan sebagai manajemen perindustrian. Dalam bidang bisnis, maka akan dikatakan pula sebagai manajemen bisnis, begitu seterusnya.
Pada hakekatnya, manajemen sangat diperlukan dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Manajemen pendidikan diperlukan agar proses pencapaian tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tanpa adanya sebuah manajemen, maka tujuan pendidikan yang telah ditetapkan tidak dapat tercapai secara optimal.

5.      Indikator – Indikator agar Tujuan dapat Tercapai secara Efektif dan Efisien
Adapun beberapa indikator agar suatu tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien, yaitu :
a.       Adanya tim organisasi
Dalam proses manajemen diperlukan adanya sebuah pengorganisasian yang baik. Apabila tim dari organisasi yang ada dapat berperan dan bekerja sama dengan baik, maka tujuan yang akan dicapai dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
b.      Perolehan prestasi yang didapat
Suatu manajemen yang baik dapat terlihat dari perolehan prestasi yang didapat. Artinya, semakin banyak prestasi yang didapat, berarti proses manajemen yang berlangsung dapat tercapai dengan baik dan optimal, serta tujuan yang dicapai juga tercapai secara efektif dan efisien. Demikian pula berlaku sebaliknya, apabila perolehan prestasi yang didapat hanya sedikit, maka proses manajemen yang berlangsung belum dapat tercapai secara optimal.
c.       Ukuran kualitas
Kualitas dapat dijadikan sebagai tolok ukur atau indikator apakah suatu proses manajemen telah dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien ataukah belum. Apabila kualitas yang dimiliki baik, tentunya manajemen yang berlangsung juga baik dan tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Demikian pula sebaliknya, apabila kualitas yang telah dicapai kurang baik, maka proses manajemen yang telah berlangsung belum dapat maksimal dan tujuan yang dicapai pun belum dapat tercapai secara efektif dan efisien.
d.      Tipe kepemimpinan
Kepemimpinan juga mempengaruhi suatu manajemen. Dalam hal ini, tipe kepemimpinan yang bersikap adil, memberi sugesti, memberikan dukungan, bertindak sebagai katalisator, menciptakan rasa aman, sebagai sumber inspirasi, sebagai pelindung, dan sebagai atasan sangatlah diperlukan. Hal tersebut diperlukan karena akan mempengaruhi tingkat ketercapaian tujuan. Apabila kepemimpinan yang ada dalam sebuah manajemen dapat berlangsung baik, maka tujuan yang hendak dicapai dapat terlaksana secara efektif dan efisien.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

  1. Topik My ID Says:

    yang lain dari pada itu apa yah

    Posted on 29 Oktober 2016 pukul 21.47  

Posting Komentar

Sharing Education