Pemimpin dan Kepemimpinan Remaja

GAYA KEPEMIMPINAN
UNTUK SANG REMAJA

K
epemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Kepemimpinan mempunyai kaitan yang erat dengan motivasi. Hal tersebut dapat dilihat dari keberhasilan seorang pemimpin dalam menggerakkan orang lain dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sangat tergantung kepada kewibawaan, dan juga pimpinan itu dalam menciptakan motivasi dalam diri setiap orang bawahan, maupun atasan pimpinan itu sendiri.
Namun bagi kita para remaja gaya kepemimpinan dapat kita mulai dari memimpin diri sendiri. Memimpin diri sendiri dapat kita lakukan dengan memaksakan diri kita sendiri untuk melakukan hal-hal yang baik dan meninggalkan hal-hal yang kita rasa tidak ada manfaatnya bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebagai seorang remaja yang baru mencari jati diri mungkin banyak perubahan didalam segi fisik ataupun psikis. Sikap-sikap selalu ingin tahu selalu mengiringi dalam setiap langkah mencari jati diri. Sikap tidak mau menyerah sebelum mendapatkan apa yang diinginkan juga membayangi dalam pencarian jati diri. Munculnya sikap emosional juga sangat berpengaruh pada jiwa para remaja. Maka dari itu gaya kepemimpinan sangat dibutuhkan untuh mencegah sikap-sikap dan perilaku negatif. Memang tidak mudah dalam memimpin diri sendiri berbagai godaan dari lingkungan pergaulan sangat terasa dampaknya. Apalagi jika kita tidak dapat memimpin diri sendiri mungkin perilaku-perilaku negatif akan benar-benar menyelip dalam kehidupan para kaum remaja yang baru dalam masa mencari jati diri.
Jika kita sudah berhasil dalam memimpin diri sendiri itulah yang dapat dikatakan seorang yang memiliki kepemimpinan sejati. Dengan sudah dimilikinya sikap kepemimpinan sejati, hal itu dapat menjadi cikal bakal untuk menjadi seorang pemimpin yang bijaksana, dan adil baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun dalam lingkup sosial masyarakat.


Prinsip kepemimpinan remaja

Remaja adalah pemimpin masa depan, generasi penerus, kebanggaan dan harapan bangsa, masyarakat dan keluarga.setiap remaja hendaknya memiliki panggilan jiwa untuk bersiap diri menjawab tuntutan dan tantangan yang tidak ringan itu.
ada banya teori tentang kepemimpinan .salah satunya menurut Sr. Monika ,HK  yang mengungkapkan  ada sepuluh prinsip untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan remaja antara lain :
  1. Setiap remaja memang terlahir sebagai pemimpin
  2. Setiap remaja memilki sikap sebagai seorang pemimpin
  3. Setiap remaja memang dipanggil untuk melaksanakan tugas
  4. Setiap remaja memiliki peran, pengaruh dan berkembang ditengah sesamanya
  5. Setiap remaja memiliki kemampuan berkomunikasi sebagai pemimpin
  6. Setiap remaja memiliki kemampuan untuk menata diri
  7. Setiap remaja dapat meneladani model kepemimpinan dari tokoh tertentu
  8. Setiap remaja adalah pemimpin yang mau belajar
  9. Setiap remaja adalah pemimpin yang mau mengembangkan kreativitas
  10. Setiap remaja adalah pemimpin yang pantang menyerah
Jika semua  remaja Indonesia  sudah bisa memahami dan menyadari bahwa ada banyak potensi yang ada dalam dirinya maka bukan tidak mungkin seorang pemimpin sejati akan hadir dan menjadi panutan di Indonesia sebentar lagi

Sumber referensi:
http://giniadanya.blogspot.com/2011/01/kepemimpinan-untuk-remaja.html
http://yayukpurwani.blogspot.com/2012/04/prinsip-kepemimpinan-remaja.html


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education