Permasalahan-permasalahan evaluasi ditinjau dari sisi guru, orang tua, dan lembaga

1.    Permasalahan-permasalahan evaluasi ditinjau dari sisi guru
Beberapa permasalahan evaluasi yang ditinjau dari sisi guru, sebagai berikut:
a.    Guru menaikkan nilai raport hasil belajar siswa dengan tujuan agar siswanya dapat tuntas semua dalam mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Sehingga nilai yang diterima siswa bukan nilai asli dari hasil belajar siswa itu sendiri.
b.    Guru tidak melakukan perubahan dalam penyampaian materi kepada siswanya. Padahal, dari hasil belajar siswa telah terlihat bahwa tingkat pemahaman dan penangkapan materi oleh siswa sangat rendah sehingga nilai hasil belajarnya pun juga rendah.
c.    Nilai hasil belajar siswa rendah bahkan jelek yang dipengaruhi strategi belajar guru kurang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa merasa jenuh dengan pembelajaran. Dalam hal ini, biasanya guru sudah mengetahui penyebab nilai hasil belajar siswa yang rendah. Akan tetapi, guru tetap menggunakan strategi pembelajaran tersebut di kelas.
d.    Guru memberikan soal-soal ujian kepada siswa, namun soal-soal tersebut tidak sesuai dengan materi yang telah disampaikan kepada siswanya selama pembelajaran di kelas. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.

2.    Permasalahan-permasalahan evaluasi ditinjau dari sisi orang tua
Beberapa permasalahan evaluasi yang ditinjau dari sisi orang tua, sebagai berikut:
a.    Orang tua menerima saja program-program yang disampaikan oleh pihak sekolah tanpa mengetahui bagaimana pelaksanaan dari program-program yang disampaikan. Dalam hal ini, orang tua hanya menganggap bahwa program-program yang disampaikan sekolah adalah program yang terbaik untuk pendidikan anaknya.
b.    Orang tua tidak mengkonsultasikan mengenai hasil belajar anaknya. Apakah nilai yang diperoleh anaknya itu nilai yang asli ataukah nilai hasil manipulasi.
c.    Orang tua memberikan sumbangan kepada pihak-pihak tertentu dalam sekolah agar anaknya dapat naik kelas meskipun nilai anaknya jelek dan belum tuntas jika dibandingkan dengan KKM yang telah ditetapkan.
d.    Orang tua memberikan uang suap sebagai jalan untuk memperlancar agar anaknya dapat diterima di perguruan tinggi favorit sesuai dengan yang diinginkannya. Sedangkan berdasarkan hasil tes, anaknya tidak lulus untuk masuk perguruan tinggi tersebut.
3.    Permasalahan-permasalahan evaluasi ditinjau dari sisi guru lembaga
Beberapa permasalahan evaluasi yang ditinjau dari sisi lembaga, sebagai berikut:
a.    Sekolah maupun  lembaga pendidikan tidak melakukan pembaharuan program yang akan datang. Padahal, sudah diketahui bahwa program yang dilaksanakan belum dapat mencapai hasil yang maksimal.
b.    Tidak adanya pembaharuan program yang disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan sehingga program yang ada di lembaga hanya program yang dahulu telah terlaksana dan kemudian dilaksanakan lagi. Padahal, seharusnya terdapat pembaharuan program yang dimaksudkan agar sesuai dengan hasil belajar dan Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan.

Sumber Referensi :
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Eko Putro Widoyoko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmat Ha Pe. 2011. Syarat-Syarat Alat Ukur Hasil Belajar. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari www.blog-indonesia.com
Salsabilla, Farri. 2011. Pengertian dan Konsep Penilaian, Evaluasi, dan Assessment.  Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://faesalsabilla.blogspot.com/
Sulaeman. 2011. Evaluasi PAN dan PAP. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://sulaemaneman.blogspot.com/
Anonim. 2011. Prinsip Dasar, Tujuan, Fungsi, Teknik, Prosedur Evaluasi Pendidikan. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://sylvie.edublog.org.
Anonim. 2011. Evaluasi, Pengukuran, Tes, dan Penilaian (Tujuan, Pendekatan, dan Ruang Lingkupnya).  Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari www.wikiberita.net.

created Rita Kurniawati


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

3 komentar:

  1. FENTIN Says:

    terimaksih udah berb4agi ilmu

    Posted on 28 Mei 2016 pukul 01.39  

    Yasmin Aulia Putri Says:

    solusi dari permasalahan ini apa ya min? terimakasih

    Posted on 26 Februari 2019 pukul 21.39  

    Unknown Says:

    kk saya lagi cari permasalah guru tidak menciptakan kondisi-kondisi dalam belajar yang kondusif

    Posted on 19 Juli 2021 pukul 20.23  

Posting Komentar

Sharing Education