Konsep dari fungsi evaluasi, prinsip-prinsip evaluasi, dan syarat alat ukur yang baik

1.    Fungsi evaluasi
Fungsi evaluasi, antara lain:
a.    Fungsi Kurikuler
Yaitu sebagai alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran.
b.    Fungsi Instruksional
Yaitu sebagai alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar.
c.    Fungsi Diagnostik
Untuk mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian berbagai kesulitan belajar siswa.
d.    Fungsi Placement
Yaitu sebagai penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya.
e.    Fungsi Administratif BP
Yaitu pendataan berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya.
Asmawi Zainul dan Noehi Nasution menyatakan fungsi-fungsi dari evaluasi pembelajaran, yaitu fungsi:
•    Remedial
•    Umpan balik
•    Memotivasi dan membimbing anak
•    Perbaikan kurikulum dan program pendidikan
•     Pengembangan ilmu


2.    Prinsip-prinsip evaluasi
Evaluasi memiliki beberapa prinsip-prinsip, yaitu sebagai berikut:
a.     Keterpaduan
Evaluasi harus dilakukan dengan prinsip keterpaduan antara tujuan intrusional pengajaran, materi pembelajaran, dan metode pengajaran.
b.    Keterlibatan peserta didik
Prinsip ini merupakan suatu hal yang mutlak, karena keterlibatan peserta didik dalam evaluasi bukan alternatif, tetapi kebutuhan mutlak.
c.    Koherensi
Evaluasi harus berkaitan dengan materi pengajaran yang telah dipelajari dan sesuai dengan ranah kemampuan peserta didik yang hendak diukur.
d.    Pedagogis
Perlu adanya tool penilai dari aspek pedagogis untuk melihat perubahan sikap dan perilaku sehingga pada akhirnya hasil evaluasi mampu menjadi motivator bagi diri siswa.
e.    Akuntabel
Hasil evaluasi haruslah menjadi aalat akuntabilitas atau bahan pertanggungjawaban bagi pihak yang berkepentingan seperti orangtua siswa, sekolah, dan lainnya.
3.    Syarat alat ukur yang baik
Dalam penyelenggaraan pendidikan, diperlukan adanya evaluasi untuk menilai sejauh mana tujuan yang diinginkan telah tercapai. Dimana dalam penilaian kegiatan belajar–mengajar dengan program pendidikan akan dapat mencapai tujuan yang diinginkan secara teliti dan akurat  apabila alat ukur yang dipakai memenuhi kriteria atau syarat-syarat alat ukur yang baik dan benar, diadministrasikan secara baik, dan diolah secara objektif menurut kriteria yang tepat. Adapun alat ukur yang baik hendaklah memenuhi beberapa syarat-syarat, antara lain :
1.    Valid
Suatu alat ukur dapat dikatakan valid atau mempunyai validitas yang tinggi apabila alat ukur itu betul-betul mengukur apa yang ingin diukur.
2.    Reliabel
Suatu tes yang sahih/valid adalah reliabel, tetapi suatu tes yang reliabel belum tentu valid. Reliabilitas suatu tes menunjuk kepada ketetapan konsistensi, atau stabilitas hasil tes/suatu ukuran yang dilakukan.
3.    Objektif
Penskor hendaknya menilai/menskor apa-adanya, tanpa dipengaruhi oleh subjektif penskor atau faktor-faktor lainnya diluar yang tersedia.
4.    Praktis (Mudah dan murah)
Suatu alat ukur dikatakan praktis apabila biaya alat ukur itu murah. Disamping itu, alat tersebut mudah diadministrasikan, mudah diskor, dan mudah diinterprestasikan.
5.    Norma
Dalam hal ini norma diartikan sebagai patokan kriteria atau ukuran yang digunakan untuk menentukan dalam pengambilan keputusan.

Sumber Referensi :
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Eko Putro Widoyoko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmat Ha Pe. 2011. Syarat-Syarat Alat Ukur Hasil Belajar. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari www.blog-indonesia.com
Salsabilla, Farri. 2011. Pengertian dan Konsep Penilaian, Evaluasi, dan Assessment.  Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://faesalsabilla.blogspot.com/
Sulaeman. 2011. Evaluasi PAN dan PAP. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://sulaemaneman.blogspot.com/
Anonim. 2011. Prinsip Dasar, Tujuan, Fungsi, Teknik, Prosedur Evaluasi Pendidikan. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://sylvie.edublog.org.
Anonim. 2011. Evaluasi, Pengukuran, Tes, dan Penilaian (Tujuan, Pendekatan, dan Ruang Lingkupnya).  Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari www.wikiberita.net

created by Rita Kurniawati


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

Sharing Education